Antisipasi Bencana Banjir, Tim SAR Kodim 0813 Bojonegoro Gelar Latihan Dasar Penyelaman

BOJONEGORO, –    Untuk mengantisipasi bencana banjir pada musim hujan, prajurit TNI yang tergabung Tim SAR Kodim 0813 Bojonegoro menggelar latihan dasar penyelaman di Kolam renang Tirta Wana Desa/Kecamatan Dander Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (29/11/2018).

Koordinator latihan Kapten Inf Marwoko Suswandono mengungkapkan bahwa melalui pelatihan tersebut, diharapkan para prajurit siap merespons warga yang membutuhkan pertolongan di daerah masing-masing.

“Mereka dilatih, sebagai upaya untuk mengembangkan potensi SAR di wilayah-wilayah Bojonegoro yang rawan bencana. Utamanya di sepanjang aliran Bengawan Solo,” ujarnya.

Mereka, lanjut Kapten Inf Marwoko Suswandono mengatakan bahwa para prajurit yang tergabung dalam tim SAR  tersebut memiliki tugas mencari, menolong, dan mengevakuasi. Untuk itu, pihaknya menekankan pelatihan pada penyelamatan di air (water rescue).

“Diantarannya memberikan pengetahuan dasar pertolongan pertama medis, teknik pertolongan di air, akses dan pertolongan, penggunaan perahu karet, dan pengetahuan kedaruratan di lingkungan perairan,” tambahnya.[pun/triss]

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan