Dandim Bojonegoro Hadiri Gelaran Event Bedholan Lembu

BOJONEGORO, – Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang HARIYANTO turut menghadiri acara Bedholan Lembu dan Kirab Sapi, di Desa Bakalan, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro, Jawa Timur, Jum’at (8/11/2019).

Bedholan Lembu, merupakan tradisi warga Bojonegoro khususnya warga Desa Bakalan, Kecamatan Tambakrejo yang tengah digaungkan. Tradisi ini rutin digelar setiap Jum’at Pahing di bulan Nopember. Bahkan, tradisi itu masuk dalam kalender event Kabupaten Bojonegoro.

Lembu merupakan ‘Rojo Koyo’ simbol kekayaan bagi masyarakat pedesaan di Bojonegoro. Sementara Bedhol adalah menjual sapi keluar dari rumah.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah mengatakan bahwa Bedholan Lembu merupakan bagian dari Nguri-nguri atau melestarikan budaya lokal warga Bojonegoro. Menurutnya, selain bisa wisata budaya, event ini juga bisa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat disektor peternakan.

“Kegiatan ini bisa merangsang produktivitas masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Sehingga, harus dipertahankan dan dilestarikan, ” ujarnya.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Bojonegoro Drs Budi Irawanto, M. Pd., Ketua DPRD Bojonegoro Imam Sholikin beserta anggota, Forkopimcam Tambakrejo, tokoh agama, tokoh masyarakat serta ribuan masyarakat Tambakrejo.[pen0813]

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan