Dandim Bojonegoro : Maknai Hari Kebangkitan Nasional Dengan Menguatkan Jiwa Nasionalisme Kebangsaan

BOJONEGORO,-      Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto, MSi., menjadi Inspektur Upacara (Irup) pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-108 tahun 2016, di Alun-alun Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Upacara ini diikuti oleh perwakilan TNI, Polri, PNS dan Pelajar di Bojonegoro, dan dihadiri Jajaran Forpimda, SKPD serta anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro.

Selaku Inspektur Upacara Bupati Suyoto juga membacakan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Setelah itu perwakilan PNS membacakan pembukaan UUD 1945 Negara Republik Indonesia dan Panca Prasetya Korpri.

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke- 108 tahun 2016 itu, mengusung tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional Dengan Mewujudkan Indonesia Yang Bekerja Nyata Mandiri Dan Berkarakter” merupakan salah satu inspirasi yang dapat kita serap dalam berdirinya Boedi Oetomo. Yaitu, adanya sumber daya manusia terdidik dan berjiwa nasionalisme serta membebaskan diri dalam kemerdekaan.

“Barang siapa yang tidak berkarya, maka bangsa ini akan tergantung. Tidak ada kemandirian tanpa berkarya” demikian seperti dikatakan Bupati Bojonegoro, Suyoto, dalam sambutannya.

Untuk itu, lanjut Bupati Suyoto, mengemukakan bahwa hanya dengan karya itulah kemandirian bangsa akan ada. Hanya dengan berkarya yang kompetitif itulah akan memiliki daya saing dan kelak memiliki martabat ditengah-tengah pergaulan bangsa diseluruh dunia.

“Untuk itu, diharapkan seluruh generasi muda harus melanjutkan perjuangan bangsa Indonesia yang bermartabat. Kita semua harus memikirkan daya saing dan memikirkan karya-karya yang memungkinkan agar bisa untuk berdaya saing” terangnya menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Suyoto juga berpesan dengan apa yang disebut dengan Dimensi kekayaan. Menurutnya, tidak ada karya atau produk yang mampu berdaya saing, kecuali lahir dari pengetahuan dan seni yang cukup. Sehingga pengetahuan tersebut akan selalu tumbuh untuk berkarya.

Sementara itu, Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas, ditemui usai pelaksanaan Upacara Bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke- 108 tahun 2016 mengharapkan kita sebagai generasi penerus agar terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan.“Untuk dijadikan sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika  berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi sebagai bangsa yang maju dan sejahtera dalam bingkai NKRI” pungkasnya. [triss/ADMC 0813]

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan