Danramil 0813-18/Ngasem Ikuti Prosesi Pengambilan ‘Api Semngat’ Dari Khayangan Api

BOJONEGORO, – Danramil 0813-18/Ngasem Kapten Inf Musriyono beserta anggota jajarannya, turut menghadiri prosesi pengambilan ‘Api Semangat’ dilokasi wisata Khayangan Api, Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (19/10/2019).

Prosesi pengambilan api semangat ini merupakan rangkaian acara dalam rangka peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke- 342, dan sebagai acara puncak peringatan HJB akan dilaksanakan kegiatan ‘Grebek Berkah Bojonegoro’ di Alun-alun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro pada malam harinya.

Selain pengambilan api semangat di lokasi wisata Khayangan Api, dalam rangkaian peringatan HJB ke- 342 tersebut, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bojonegoro melaksanakan ziarah leluhur di Petilasan Angling Dharmo, Makam Haryo Mentahun, Makam Kyai Andongsari, Makam Buyut Dalem, Makam Sunan Blongsong, Makam Lancing Kusumo, Makam Wali Kidangan dan Makam Menak Anggrong.

Sementara prosesi pengambilan api semangat dipimpin langsung oleh Camat Ngasem Waji, SE., MM., berserta isteri dan didampingi Kepala Desa Sendangharjo, Prasetyo beserta isteri, serta perangkat desa setempat.

Untuk pelaksanaan pengambilan api abadi dilakukan oleh Juru Kunci Khayangan Api, Mbah Juli. Yang sebelumnya dilaksanakan ritual dengan mengitari api abadi Khayangan Api sebanyak tiga kali, yang dipimpin oleh Camat Ngasem bersama Forkopimcam dan diikuti Kepala Desa beserta perangkat dan sejumlah Waranggana.[pen18]

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan