DANRAMIL KANOR TURUT-SERTA DALAM GROPYOKAN

DANRAMIL 0813-10/KANOR TURUT- SERTA GROPYOKAN TIKUS

KANOR,–     Danramil 0813-10/Kanor Kapten Inf Ilyas Rosidi beserta para Babinsanya bersama-sama dengan gabungan para Kelompok Tani dan masyarakat Desa Tambakrejo Kecamatan Kanor melaksanakan Gropoyakan (Perburuan) hama tikus di lahan persawahan pada Sabtu (11/07/2015) pukul 07:00 WIB hingga selesai.

Kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Desa tersebut diikuti oleh 50 orang diantaranya adalah TNI dari Koramil 0813-10 Kanor, Perangkat Desa, PPL serta Masyarakat. Kegiatan yang didahului dengan pemberian penyuluhan tentang percepatan tanam padi dan penanggulangan hama tikus dari Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro.

“Gropoyokan ini, merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi hama tikus dan bahkan mematikan populasinya” tegas Danramil Kanor (Kapten Inf Ilyas Rosidi).

Dengan gropyokan dianggap cara yang ampuh dan murah, serta berguna untuk  menumbuh kembangkan semangat gotong-royong antar warga desa dalam mengatasi hama tikus di sawah mereka secara bergantian dari satu sawah ke sawah yang lain, lanjut Danramil.

Sementara itu menurut Sardi petugas dari ( PPL), dimusim tanam padi kedua ini hama tikus benar-benar memberikan ancaman kepada hasil pertanian padi petani. Gropyokan yang intensif dan berkesinambungan tentunya dapat menekan populasi hewan pengerat yang sering membuat padi rusak dan mempengaruhi hasil panen padi.

“Silakan diatur, dilakukan kapan mau dan bisanya para kelompok tani, kami akan selalu mendukung” pungkasnya.

Selain itu, gropyokan juga bisa melibatkan instansi terkait lainnya karena tanpa diri kita sendiri tidak akan tercapai hasil panen yang diharapkan. Hal ini untuk mendukung program Swasembada Pangan yang telah dicanangkan Pemerintah Republik Indonesia oleh Presiden Ir. Joko Widodo.
(Koramil 0813-10/Kanor)

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan