JASA PENGGILINGAN PADI DI DESA JATIGEDE

SUMBERJO,–          Bertempat dipenggilingan milik Suhadi warga Desa Jatigede Kecamatan Sumberjo, Sertu Ali Sururi anggota Babinsa Koramil 0813-09 Sumberjo pada Sabtu (11/07/) pukul 13:00 WIB berkunjung dan bersilaturrahmi.

Pada masa tanam kedua saat ini para petani khususnya di Desa Jatigede mayoritas sudah dilakukan panen padi bahkan hampir habis, dan rata rata mereka membawa hasil panen untuk dikeringkan sendiri sebagai persiapan musim kemarau.

Untuk penggilingan padi para petani saat ini mayoritas menggunakan jasa penggilingan padi keliling, karena relatif lebih murah dan tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Sehingga penggilingan padi yang permanen atau menetap saat ini sudah banyak yang tidak beroperasi, kecuali mereka yang memiliki banyak modal.

Di Desa jatigede saat ini hanya ada satu penggilingan padi saja yang masih beroperasi yaitu milik Bapak Suhadi dan itupun hanya tetangga terdekat yang menggunakan jasanya. Dan selama ini tidak pernah menjual beras ke luar bojonegoro, disamping itu juga karena produksinya yang sangat terbatas.

“Pemantauan serta pengecekan terhadap tempat penggilingan padi merupakan bagian dari tugas babinsa untuk memberikan arahan dan himbauan kepada pemiliknya serta para petani agar tidak menjual beras atau padi mereka keluar wilayah Bojonegoro
Hal tersebut merupakan upaya untuk membantu pemerintah daerah dalam hal swasembada pangan.” Ujar Sertu Ali sururi selaku Babinsa desa Jatigede .(Koramil 0813-09)

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan