Jelang Pemilu 2019, Aparat Di Bojonegoro Gelar Simulasi Sispamkota

BOJONEGORO, –     Ratusan personel gabungan dari TNI, Polri, Linmas, Satpol PP dan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, terlibat dalam simulasi Sistim Pengamanan Kota (Sispamkota), di Alun-alun Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (21/3).

Acara yang digelar oleh Polres Bojonegoro tersebut, dalam rangka sinergitas aparat pengamanan Pemilu 2019, sehingga berjalan lancar, aman damai dan sejuk.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemilu tahun 2019, merupakan pemilu yang digelar serentak dan pertama di Indonesia. Dimana pemilih akan melakukan pencoblosan surat suara secara bersamaan, baik untuk Presiden/Wakil Presiden, maupun DPR RI/DPD RI, dan DPRD Provinsi/Kab/Kota.

Menurutnya, praktik pemilu serentak tersebut akan berlangsung tidak mudah, penuh tantangan, dan berpotensi mengalami banyak persoalan. Diantaranya tantangan yang akan dihadapi adalah adanya praktik pemilu yang berbeda dengan sebelumnya baik dari segi teknis pelaksanaan, situasi politik, kondisi sosial masyarakat, dan pola-pola kampanye yang akan menghasilkan potensi kerawanan pada variasi dan tingkatan yang berbeda pula.

Berbagai potensi kerawanan tersebut, dapat terjadi dalam setiap tahapan pemilu berupa pelanggaran tindak pidana pemilu, termasuk tindak pidana umum, yang harus dapat di kelola dan ditangani.

“Oleh karena itu, dalam rangka menjamin stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat selama berlangsungnya pemilu 2019, kegiatan simulasi pengamanan seperti ini memang sangat diperlukan,” ucapnya.

Diharapkan, kegiatan seperti ini mampu mewujudkan terciptanya situasi kemanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif. Sehingga, dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta pemilu.

“Serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan jernih sesuai hati nuraninya,” tambah Bupati DR Hj Anna Mu’awanah.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli mengatakan bahwa merupakan wujud kesiapan Kepolisian dalam pengamanan berbagai ancaman dan gangguan Kamtibmas menjelang Pemilu 2019 mendatang.

“Ini kita laksanakan sebagai wujud kesiapan dan sinergitas Polri dengan Instansi lain, dalam rangka pengamanan Pemilu. Semoga ancaman maupun kendala yang semula kita perkirakan tidak terjadi,” harapnya.

Hal senada diungkapkan Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto, S. Sos., M.I.Pol., bahwa kegiatan seperti merupakan langkah awal untuk menciptakan rasa aman. Menurutnya, rasa aman adalah indikator utama suksesnya suatu kegiatan.

“Mari kita wujudkan bersama rasa aman ini. TNI-Polri, Linmas sudah menyatakan kesiapannya. Namun kita juga perlu kontribusi dan peran serta semua pihak dan masyarakat untuk mewujudkannya,” pungkasnya.[pen013]

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan