Kasdim 0813 Bojonegoro Pimpin Upacara 17-an Di Makodim

BOJONEGORO, –     Menjadikan momentum ke- 71 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk merefleksi diri dan melihat apa yang telah dicapai oleh Bangsa Indonesia selama 71 tahun dalam perjalanannya sebagai Bangsa dan Negara yang merdeka dan berdaulat, tentu tidak bisa memungkiri kenyataan bahwa dinamika sosial yang terjadi di sekitar kita, menunjukkan masih banyaknya persoalan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia menuju cita-citanya menjadi Bangsa yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Hal itu seperti disampaikan oleh Kasdim 0813 Bojonegoro, Mayor Inf Widodo, saat membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Darat pada Upacara bulanan, Rabu (17/8), di Makodim 0813 Bojonegoro, Jalan Hos Cokroaminoto.

Lebih lanjut, selaku Inspektur Upacara, Kasdim 0813 Bojonegoro, Mayor Inf Widodo menyampaikan, walaupun secara formal telah menjadi Negara yang berdaulat penuh sejak kemerdekaan diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, namun secara nyata belum sepenuhnya merasakan kedaulatan itu diberbagai bidang.

“Kita juga belum mampu menjadi Bangsa yang mandiri. Karena, masih banyak kebutuhan dasar masyarakat yang pemenuhannya harus bergantung pada impor dari Negara lain” ujarnya menjelaskan.

Sehingga, lanjut Kasdim 0813 Bojonegoro, Mayor Inf Widodo membacakan amanat Kasad, pada akhirnya berpengaruh pada semakin memudarnya kepribadian sebagai Bangsa. Secara ideologis, berbagai upaya kemunculan kembali faham komunis serta radikalisme berbasiskan agama masih terjadi diberbagai wilayah tanah air.

“Hal itu menunjukkan bahwa Pancasila belum seutuhnya diterima sebagai satu-satunya ideologi bangsa. Selain itu juga, benih-benih separatisme belum sepenuhnya tercabut akarnya dari bumi pertiwi dan masih berpotensi mengancam kedaulatan NKRI” tegasnya.

Upacara bulanan 17-an yang diikuti oleh Prajurit TNI dan PNS Jajaran Kodim 0813 Bojonegoro tersebut, berlangsung khidmad dan bertindak sebagai Komandan Upacara (Dan Up), Kapten Inf Marwoko, yang juga dalam kesehariannya menjabat sebagai Pasi Log Kodim 0813 Bojonegoro. [triss/ADMC 0813]

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan