KODIM 0813 BERSAMA PETANI BOJONEGORO UNJUK KARYA PANEN PADI

BOJONEGORO,-     Keterlibatan TNI dalam urusan pertanian untuk kedaulatan pangan mulai menampakkan hasilnya. Ini setelah dipastikan Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Sumardi, Bupati Bojonegoro Suyoto (Kang Yoto) melakukan panen raya padi bersama petani Bojonegoro didua Desa yaitu Desa Ndengok dan Desa Padangan Kecamatan Padangan hari ini Sabtu (29/08/2015) pagi pukul 10:00 WIB.

Panen raya yang dilaksanakan dilahan pertanian seluas 144 hektar, selain dihadiri Pangdam V/Brawijaya dan Bupati Suyoto juga dihadiri oleh Wakil Bupati (Setyo Hartono), Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur (Wibowo Eko Putro), Kepala Perum Bulog Provinsi Jatim (Witono), Forpimda serta SKPD terkait.

Dandim 0813/Bojonegoro Letkol Kav Dinova Pri Pamungkas mengatakan, petani mencoba melakukan pola tanam baru yang disebut jejer legowo. Termasuk mengajak petani untuk hanya menanam padi berkualitas unggul agar sukses sebagai petani terutama kepada generasi muda untuk mencintai profesi petani.

Donova menambahkan, pihaknya secara terus menerus melakukan pendampingan kepada petani dengan tujuan untuk meningkatkan kedaulatan pangan. Artinya, kedaulatan pangan rakyat sangat erat terkait dengan peningkatan taraf hidup petani. Caranya dengan mengajak para petani menanam dan memproduksi padi unggulan sehingga dapat menghasilkan hasil beras terbaik.

”TNI Sekarang berperang di bidang ekonomi tanpa meninggalkan tugas utamanya mempertahankan wilayah NKRI. Hanya saja, ketahanan nasional sangat erat dengan kedaulatan pangan yang berarti melakukan swasembada pangan. Sehingga dalam konteks ini peran petani sangat sentral dan urgen,” ujarnya.

Upaya yang dilakukan oleh TNI (Kodim 0813) tersebut secara langsung dapat membantu Bulog sehingga harga beras menjadi stabil dan tentu akan memberikan kehidupan lebih baik untuk petani.

Sedangkan untuk mencapai hasil yang lebih baik, TNI secara terus menerus memberikan pemahaman kepada para petani untuk mencoba metode baru dalam melakukan teknis penanaman termasuk memilih bibit padi unggul. Salah satunya, menurut Donova adalah dengan melakukan teknik menanam padi yang disebut jejer legowo atau 21/GP PTT.

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan