Kodim 0813 Gelar Sholat Idul Adha 1436 H

BOJONEGORO,–  Menyambut Hari Raya Idul adha 1436 H, Kodim 0813 Bojonegoro pagi ini menggelar Sholat Id berjamaah diLapangan Makodim Jl. HOS Cokroaminoto Bojonegoro pada Kamis (24/09/2015).

Pelaksanaan Sholat Idul Adha dengan Khatib oleh Sertu Muhtarom dan Bilal Bapak Jiono, diantaranya menyampaikan “Meraih Kemuliaan Dengan Berkurban.”

Idul Adha yang erat kaitanya dengan Nabi Ibrahim, Ibadah Idul Adha memiliki makna yang sangat penting diantaranya makna edukatif, yakni bagaimana nabi Ibrahim membangun keluarga dan mendidik putranya. Karena dengan Idul Adha merupakan momentum untuk Ibadah berkurban, saling menghormati dan mengedepankan kemaslahatan umat manusia bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Karena dalam berqurban dapat melawan penyakit diantaranya adalah Egoisme, Egoisme merupakan musuh utama dalam kehidupan baik sosial, berbangsa dan bernegara. Karena hingga saat ini masih banyak pihak yang mengedepankan kepentingan pribadi dan kelompoknya dengan mengeyampingkan kepentingan rakyat.

Akibatnya, banyak pihak yang kemudian menghalalkan segala cara untuk memenuhi kepentingan pribadi dan kelompoknya dengan merugikan kepentingan rakyat, sebagai contoh dengan melakukan tindakan korupsi.

Oleh karena itu dalam berkehidupan kita harus mempunyai perhatian terhadap kesejahteraan orang lain tanpa memperhatikan diri sendiri. Perilaku ini merupakan kebajikan yang ada dalam banyak budaya dan dianggap penting oleh beberapa agama. Gagasan ini sering digambarkan sebagai aturan emas etika.

Dengan mementum Idul Adha, kita perlu menyebarluaskan semangat berkurban untuk kepentingan yang lebih besar, Namun dengan semangat berkurban itu jangan hanya muncul pada saat Idul Adha saja, tetapi harus membekas pada perilaku-perilaku setelah Idul Adha.

Karena dalam Idul Adha, terdapat bentuk ibadah yang jangkarnya adalah nilai-nilai ilahiah yang harus memunculkan kesadaran hati, nalar dan tindakan yang satu (Nyata).

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan