Kodim Bojonegoro Dan Pertamina Gelar Latnis Penanggulangan Keadaan Darurat Bencana (PDKB)

BOJONEGORO, –      Bekerjasama dengan Kodim 0813 Bojonegoro, PT. Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, menggelar Table Top Exercise (TTX) Penanggulangan Keadaan Darurat dan Bencana (PKDB), di Aston Hotel Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (20/11/2019).

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0813 Bojonegoro Mayor Inf Hairil Achmad mengatakan bahwa kegiatan Pelatihan Teknis (Latnis) Penanggulangan Keadaan Darurat dan Bencana (PDKB) dilaksanakan guna mengantisipasi apabila terjadi bencana.

“Pelatihan ini untuk menghadapi kejadian yang sebenarnya dilapangan jika terjadi hal yang membahayakan diwilayah Bojonegoro, terutama di lingkungan minyak,” ungkapnya.

Kabupaten Bojonegoro, sebagai penyumbang besar produksi nasional migas di Indonesia. Dengan adanya kegiatan tersebut, kejadian bencana khususnya yang disebabkan oleh manusia bisa di minimalisir.

“Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini bisa memberikan manfaat dan pembelajaran kepada aparat, instansi terkait, TNI, Polri, dalam menanggulangi bencana yang terjadi. Baik dari faktor lingkungan, maupun kesengajaan yang dilakukan oknum,” ujarnya.

Sementara itu, Pjs Field Manager Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Jason W Purba menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan dalam hal penanganan bencana ini meskipun sudah dilakukan setiap saat, namun masih perlu dilakukan guna membangun komunikasi antar muspika.

“Setelah adanya pelatihan ini, kedepan mudah-mudahan bisa tahu tugas dan tanggung jawab masing-masing seperti apa. Sehingga jika terjadi bencana masyarakat tidak terjadi kepanikan,” ucap Jason.

Apalagi saat ini, Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field sebagai operator lapangan Sukowati dalam waktu dekat akan melakukan kegiatan pengeboran sumur injeksi i003. Sesuai dengan analisa dampak lingkungan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut memiliki resiko sendiri.

“Dari kegiatan tersebut, pasti ada resiko. Untuk meminimalisir adanya resiko tersebut sehingga kami melakukan latihan,” jelasnya.

Turut dalam kegiatan ini perwakilan dari Polres Bojonegoro, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro Andik Sudjarwo, SSTP., Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BPBD Bojonegoro Yudi Hendro Kartono, Kades Ngampel, Kades Sambiroto, Kades Campurejo dan tamu undangan lainnya.[pen0813]

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan