Pasi Intel Kodim Bojonegoro Hadiri Sosialisasi Tahapan Pelaksanaan Pilkades Serentak

BOJONEGORO, – Pasi Intel Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Inf Hari Warsono, pada Jum’at (1/3/2019) turut menghadiri Sosialisasi Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II, di Pendopo Malowopati, Bojonegoro Jawa Timur.

Sebanyak 156 Desa, di 27 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro akan melaksanakan Pilkades serentak gelombang II pada 26 Juni 2019 mendatang.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa pentingnya untuk menjaga kerukunan dalam pelaksanaan Pilkades serentak. Semua kandidat Kepala Desa, dihimbau untuk tidak menjadikan pesta demokrasi ini sebagai ajang rivalitas.

“Jangan sampai terjadi perpecahan. Wujudkan Pilkades yang damai dan tertib,” ujarnya berpesan.

Lebih lanjut Bupati DR Hj Anna Mu’awanah mengatakan bahwa untuk mengamankan jalanya Pilkades serentak tersebut, pihaknya akan meminta bantuan kepada Polres dan Kodim 0813 Bojonegoro.

“Kita akan kerjasama dengan pihak keamanan,” tegasnya.

Asisten I Sekkab Bojonegoro, Djoko Lukito menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh kandidat dalam Pilkades mendatang. Yakni mentaati segala peraturan dan persyaratan yang telah dibuat oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD ) sebagai panitia penyelenggara serta mengikuti segala bentuk administrasi menurut hukum yang berlaku.

Untuk ketentuan jumlah kandidat, lanjut Djoko Lukito mengatakan setiap desa yaitu minimal dua orang, dan maksimal lima calon. Apabila jumlah kandidat lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleksi oleh tim seleksi.

“Jika tidak ada calon yang mendaftar sebagai kandidat, maka pelaksanaan pendaftaran akan di perpanjang selama 20 hari sebelum pelaksanaan pilkades,” ungkapnya.

Sementara dalam paparannya, Kabag Ops Polres Bojonegoro Kompol Teguh Santoso mengatakan dalam pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak gelombang II yakni Operasi Mantab Praja Angling Darma sebagai sandi pengamanan.

Selain melibatkan personel Polres Bojonegoro, pengaman tersebut juga akan melibatkan personel dari Polres Tuban dan Polres Lamongan dibawah BKO Polres Bojonegoro.

“Selain itu, kita akan dibantu personel TNI dari Kodim 0813 dan Linmas Pemkab Bojonegoro. Diharapkan, pelaksanaan Pilkades serentak berjalan dengan aman,” tambahnya.

Hal senada dikatakan Pasi Intel Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Inf Hari Warsono, bahwa jajaran TNI Kodim 0813 Bojonegoro siap memberikan bantuan pengamanan kepada Polres Bojonegoro.

“Hal ini demi kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pilkades serentak,” ujarnya.

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan