Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 Di Bojonegoro

BOJONEGORO, –    Bekerjasama dengan Kodim 0813 dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Polres Bojonegoro menggelar upacara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (21/2).

Hadir pada upacara yang diikuti anggota Kodim 0813, Polres, Pegawai dilingkungan Pemkab, serta Pramuka dan Ibu-ibu Bhayangkari Bojonegor tersebut, diantaranya Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto, S. Sos., Ketua DPRD, Pj Sekda Bojonegoro dan Ketua FKUB Bojonegoro.

Dalam amanatnya, Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli menyampaikan bahwa peringatan HPSN muncul karena peristiwa (Musibah) yang terjadi pada tanggal 21 Pebruari 2005 yang lalu, di Leuwigajah-Cimahi, Jawa Barat. Pada peristiwa tersebut, telah merenggut lebih dari 100 jiwa. Karena terjadi curah hujan yang tinggi, dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah.

“Dari peristiwa tersebut, setidaknya 157 jiwa melayang. Dan dua kampung, yakni Climus dan Pojok hilang dari peta karena longsoran sampah dari TPA Leuwigajah,” ujarnya.

Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli mengajak seluruh peserta upacara dan masyarakat Bojonegoro untuk peduli terhadap permasalahan sampah.

“Terkadang saat kita melewati TPA, kita menutup hidung karena bau yang ditimbulkan dari sampah tersebut. Dan seolah-olah kita tidak sadar bahwa sampah tersebut, adalah sebagian berasal dari rumah kita sendiri,” ungkapnya.

Menurutnya, timbunan sampah muncul karena kontribusi sampah dari masyarakat sendiri. Dan yang lebih memprihatinkan lagi, bila ada orang yang berperilaku negatif dengan membuang sampah sembarangan.

“Dengan perilaku membuang sampah sembarangan bisa menjadikan masalah seperti penyumbatan saluran air, jika membuang sampah di saluran air, dan terapung bebas di sungai, jika membuang sampah di sungai,” tambahnya.

Untuk itu Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli mengajak seluruh masyarakat untuk meminimalisir permasalahan sampah dengan memilah sampah secara mandiri.

“Lakukan langkah 3R dari rumah kita sendiri, yaitu Reduce (mengurangi sampah), Reuse (memanfaatkannya kembali sampah) dan Recycle (mendaur ulang sampah),” tutupnya.[pen0813]

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan