Peringati HUT Ke- 12, Sakawira Kartika Kodim Bojonegoro Bakti Sosial Tanam Pohon Dan Bersihkan Puing-Puing Rumah Roboh

BOJONEGORO, –      Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 12 Saka Wira Kartika, Gerakan Pramuka Cabang Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar Bakti Sosial (Baksos) penanaman pohon trembesi di bantaran Sungai Bengawan Solo, Minggu (27/10/2019).

Selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing (Wakamabi) Saka Wira Kartika Kodim 0813 Bojonegoro, Mayor Inf Hairil Achmad, mengatakan bahwa bakti sosial tanam pohon dilakukan guna menanamkan jiwa sadar terhadap lingkungan bagi anggota Pramuka Saka Wira Kartika. Selain itu juga sebagai bentuk partisipasi TNI bersama masyarakat dalam upaya mengurangi dampak bencana alam banjir.

“Diharapkan, dengan sedikit tindakan bisa memberi perubahan besar untuk lingkungan kita,” ujarnya usai meresmikan Sanggar SWK Siaga, di Makodim 0813 Bojonegoro.

Selain bakti sosial tanam pohon trembesi, anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0813 Bojonegoro juga melaksanakan karya bakti pembersihan puing-puing rumah roboh akibat angin puting beliung yang terjadi di Desa Jatigede, bersama jajaran TNI dari Koramil 0813-09/Sumberejo.

Bencana angin puting-beliung yang terjadi pada Sabtu 26 Oktober 2019 kemarin sore sekira pukul 16.00WIB merobohkan rumah milik Dasri (71) warga Dusun Mlangi RT. 020/RW. 002, Desa Jatigede, Kecamatan Sumberejo.

“Kita patut berbangga dengan kegiatan yang dilaksanakan Pramuka Saka Wira Kartika ini dalam memperingati hari kelahirannya yang ke- 12. Hal ini merupakan pengamalan dari Dasa Darma Pramuka, sebagai pedoman bagi anggota Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Yang diantaranya adalah Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia,” demikian disampaikan Pamong Saka Wira Kartika Ranting 09 Sumberejo, Kapten Inf Riyanto.

Menurutnya, Saka Wira Kartika sebagai bagian dari Gerakan Pramuka dan masyarakat, sekaligus sebagai generasi muda. Sudah seharusnya memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan menjaga kelestarian alam.

“Semoga kepedulian anggota Saka Wira Kartika ini bisa menjadi contoh bagi generasi muda lainnya,” tambahnya.[pen0813/09]

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan