Tingkatkan Kesiapsiagaan, Tim SAR Kodim Bojonegoro Ikuti Pelatihan

BOJONEGORO,-     Sebanyak 67 Personel Search And Rescue (SAR) Kabupaten Bojonegoro, mengikuti pelatihan Kesiapsiagaan Bencana selama lima hari dari tanggal 3 sampai dengan 7 Maret 2016, oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, di Jalan A. Yani Bojonegoro.

Pelatihan Search And Rescue (SAR) yang dibuka oleh Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono tersebut, dalam rangka penanggulangan Bencana yang menjadi ancaman serius di Kabupaten Bojonegoro, selain diikuti oleh personel BPBD pelatihan juga diikuti Personel dari Kodim 0813 Bojonegoro, Polres Bojonegoro dan Lembaga Peduli Bencana.

“Pelatihan ini dilaksanakan karena hampir setiap musim baik itu musim penghujan maupun kekeringan di Bojonegoro terjadi bencana” ungkap Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono saat membuka pelatihan tersebut.

Menurutnya, terkait penanggulangan bencana itu, pelatihan yang digelar selama lima hari , yaitu dua hari praktek didalam dan tiga hari praktek dilapangan. Supaya dalam pelatihan tersebut dapat dipetakan keahlian masing-masing peserta dan potensi bencana yang ada diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

“Potensi bencana yang ada di Bojonegoro banyak, diantaranya puting beliung, banjir bandang, kebakaran dan banjir agar dapat dipilah (dipetakan), sehingga keahlian peserta yang disiapkan dan dipetakan tersebut sudah  sesuai keahlian masing-masing peserta itu sendiri. Sehingga peserta mampu tanggap, terampil dan berinovasi dalam penanganan bencana tersebut” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD, Sukirno menyampaikan, adapun materi yang dilatihkan dalam pelatiha SAR tersebut adalah yang terkait dengan kebijakan umum bencana alam, yakni Water Rescue, Survival, Navigasi Darat (Navrat) serta penanggulangan bencana berbasis masyarakat. [triss/ADMC 0813]

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan