BOJONGEORO, – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0813-21/Sukosewu memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) yang dilanjukan dengan pembekalan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) kepada siswa SD Negeri 1 Pacing, Desa Pacing Kecamatan Sukosewu, Bojonegoro, Selasa (19/4/2017).
“Latihan ini bertujuan untuk membentuk karakter para siswa-siswi, agar lebih disiplin. Selain itu juga, untuk memupuk jiwa nasionalisme, agar dapat mengenal kedisiplinan, loyalitas dan wawasan kebangsaan dengan baik, sejak dini,” demikian disampaikan oleh Serka Nurkholis selaku pemateri.
Dalam kegiatan ini Serka Nurkholis melatih teori, praktek peraturan baris berbaris dan disiplin termasuk wawasan kebangsaan dan kedisiplinan. Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat para pelajar untuk melaksanakan latihan.
Kekompakan mereka tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi. Pelatihan ini tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan pelatihan para pelajar adalah untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar serta mengenal bangsanya sehingga pada akhirnya terbentuklah generasi bangsa yang kuat baik secara fisik, mental, maupun pikiran.
Terpisah, Danramil 0813-21/Sukosewu Kapten Inf Ratik mengatakan bahwa para pelajar yang ada di sekolah semangat ikuti latihan. Mereka melaksanakan latihan dengan baik, penuh semangat. Dia menambahkan, kepada para Babinsa/Pelatih bahwa latih para pelajar dengan baik.
“Maka latihlah mereka semaksimal mungkin. Ajarkan juga kepada mereka yel-yel supaya tetap semangat selama latihan,” tegasnya. [triss/ADMC 0813]
Related Posts
Babinsa Koramil Baureno Bojonegoro bantu Perbaiki Tanggul Jebol di Kali Simo Sumuragung
Peringati Hari Juang TNI-AD, Saka Wira Kartika Kodim Bojonegoro Jalan Kaki 20 kilometer
Kodim 0813 Bojonegoro Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2024
Babinsa Koramil Temayang Bojonegoro Perkuat Karakter Pelajar SMP
Kodim Bojonegoro Siap Dukung Program Makan Sehat Bergizi bagi Anak Sekolah
No Responses